4 Trik Mudah Memotret Serangga

4 Trik Mudah Memotret Serangga

Memotret serangga yang berukuran kecil seperti kupu-kupu, semut dan kumbang ternyata tak semudah kelihatannya lo. Perlu sebuah perjuangan, ketelatenan, kesabaran dan juga ketelitian untuk mendapatkan hasil bagus. Pasalnya serangga sendiri merupakan hewan yang sangat sukar untuk diatur.

Seperti yang dikatakan oleh Simon Ringsmuth yang merupakan dosen Oklahoma University AS dan gemar memotret serangga, katanya kesabaran dan juga angle yang tak konvensional menjadi kunci untuk foto makro atau serangga ini.

Dirinya mengatakan bahwa dirinya pernah menaiki pohon pinus, hanya untuk memotret kumbang kayu dengan angle yang berbeda dari umumnya. Sebenarnya dia bisa memotret dengan low angle ketika kumbang itu hinggap, hanya saja dirinya merasa lebih asik ketika bisa memotret dengan kaki didepan.
Untuk anda ataupun anggota yang juga hobi memotret makro, berikut ini tips dan trik yang bisa anda ikuti agar foto makro yang anda dapatkan bisa menarik.

  1. Pemilihan lensa
    Untuk mendapatkan foto makro yang tepat, tentu lensa yang digunakan berbeda untuk foto biasanya. Ada bermacam-macam lensa yang dapat anda gunakan, namun lensa makro akan lebih sesuai anda gunakan karena bisa di close up hingga detail tubuh serangga terlihat.
    Sebenarnya anda bisa menggunakan berbagai jenis lensa, hanya saja anda perlu kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena serangga biasanya akan kabur bila anda terlalu dekat dengannya.
  2. Jangan terpaku pada satu serangga saja
    Mungkin trik ini terlihat mudah dan gampang, dimana anda jangan terlalu fokus pada satu serangga saja. Karena serangga bisa saja kabur dan menjauhi anda, akan lebih baik bila anda mendatangi tempat serangga tersebut tinggal.
    Dengan begitu anda akan mengetahui banyak serangga serupa, dan pastinya anda akan mengetahui beragam pose unik serangga tersebut. Seperti yang dijelaskan oleh simon, dimana mendatangi koloni akan memudahkan anda menemukan pose serangga.
  3. Sabar
    Ada banyak sekali serangga yang akan memberikan foto menarik pada anda, namun anda perlu tahu bahwa mereka tidak akan bisa anda atur layaknya model manusia. Mau tidak mau anda harus menunggu hingga serangga tersebut bisa berpose sesuai dengan harapan anda, dan jelas anda perlu bersabar dan berhati-hati agar tidak mengagetkan mereka.
    Suara sedikit saja akan mengganggu serangga, anda perlu bergerak perlahan agar serangga tidak lari. Kadang-kadang anda juga harus bersabar, ketika anda sudah menunggu lama di lokasi itu dan serangga tidak segera berpose malah terbang atau menjauhi anda. Memang hal itu akan membuat kecewa anda, namun anda akan merasa bahagia ketika anda mendapatkan pose tersebut.
  4. Fokus ke mata
    Memang hal ini sangat sulit untuk dilakukan, namun bila anda bisa memfokuskan pandangan pada mata serangga anda akan bisa memotret serangga dari dimensi lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles