Tips Memotret Makanan Agar Terlihat Lezat dan Menarik

Ada banyak sekali hal-hal yang menjadi objek fotografi. Dunia kita sangat luas. Setiap tahun, selalu ada perubahan dalam lingkungan sosial masyarakat. Jika beberapa waktu lalu marak beredar foto-foto selfie dengan gaya lucu-lucu, kali ini muncul foto makanan yang entah mengapa bisa terlihat sangat lezat. Untuk Anda para reviewer restoran, ilmu tentang teknik mengambil gambar dan teknik editing sangat berguna untuk mengembangkan karier Anda. Kata-kata yang kuat tentu harus didukung oleh gambar yang bagus supaya banyak orang tertarik untuk membaca tulisan Anda.

Lalu, bagi  pemilik usaha kuliner, foto yang bagus menjadi bekal untuk proses pemasaran makanan. Dengan tampilan yang bagus, orang-orang pasti akan tertarik untuk mencicipi makanan Anda. Nah, untuk membuat gambar makanan jadi makin tops meski hanya dijepret dengan kamera smartphone, Anda harus menguasai teknik-teknik fotografi sederhana berikut ini.

1. Kunci Kesempurnaan Fotografi adalah Komposisinya
Untuk belajar mengenai komposisi sebuah foto, Anda bisa mencoba komposisi Rule of Third. Pada komposisi ini, foto dibagi menjadi 9 area sama besar. Anda bisa membuat garis khayal vertikal dan horizontal untuk membagi bidang foto. Bagian paling penting terletak pada empat titik yang di tengah. Menurut teori desain, ketika mata melihat sebuah gambar, titik fokusnya jatuh pada empat sisi tersebut. Pelajari komposisi foto untuk menghasilkan gambar yang bagus.

2. Pintar Memilih Angle
Untuk bisa menghasilkan sebuah foto yang bagus, Anda harus bisa mencari angle yang tepat. Untuk mendapatkan angle yang bagus, Anda harus pakai perasaan dan kira-kira. Cobalah memfoto makanan dari berbagai sisi hingga mendapatkan angle foto yang pas. Bagi pemula, menentukan angle yang tepat bukanlah hal yang mudah. Butuh latihan dan kepekaan yang tinggi.

3. Pencahayaan Maksimal
Memotret makanan agar terlihat menarik memang gampang-gampang susah. Jika dilihat sekilas, prosesnya mungkin terlihat sederhana. Akan tetapi, jika Anda melakukan pengamatan secara mendalam, foto makanan yang sempurna ternyata harus melewati serangkaian proses terlebih dahulu. Salah satu penentu kualitas foto adalah pencahayaan. Pencahayaan yang paling bagus adalah cahaya alami, yaitu cahaya matahari. Hindari memfoto menggunakan flash karena hasilnya tidak akan bagus. Makanan jadi tidak terlihat real karena efek dari flash kamera.

Tips Memotret Makanan Agar Terlihat Lezat dan Menarik4. Edit foto dengan Aplikasi
Agar gambar makanan bisa terlihat lebih sempurna, Anda bisa mengeditnya dengan beberapa aplikasi edit foto android. Proses editing ini sah-sah saja dilakukan, termasuk bagi para pengusaha online. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai proses editing begitu berlebihan dan sangat mencolok sehingga gambar realnya tidak terlihat. Proses editing foto dengan aplikasi ini hanya menjadi sentuhan terakhir yang akan menyempurnakan foto.

Beberapa aplikasi edit foto yang pas untuk mengedit foto makanan adalah ssnapseed, afterfocus, pics art, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di era yang sudah sangat canggih seperti sekarang, menghasilkan foto yang bagus memang tidak harus menggunakan kamera DSLR. Anda juga bisa menciptakan foto yang bagus hanya melalui smartphone. Agar dapat menghasilkan foto yang sempurna, Anda jelas perlu latihan. Ketika Anda sudah sering berlatih, bukan hanya skill yang bermain, tetapi perasaan juga akan ikut andil. Foto yang dijepret dengan penuh perasaan pasti akan bisa menghasilkan gambar yang lebih bercerita. Demikian adalah informasi tentang teknik fotografi makanan yang bisa Anda coba dan praktikkan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles