Tips Memotret Menggunakan Smartphone Ala Blogger

Tips Memotret Menggunakan Smartphone

Memotret sebagai media untuk mengabadikan perjalanan merupakan kegiatan wajib ketika bepergian, dan banyak orang bingung atau kesulitan untuk memaksimalkan hasil foto bila menggunakan smartphone saja. Karena mereka beranggapan bila travel blogger biasanya menggunakan DLSR untuk mengabadikannya, padahal bila anda tahu anda bisa memotret menggunakan smartphone saja dengan hasil yang serupa DLSR.
Setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memotret menggunakan smartphone, agar anda tak penasaran lagi berikut ini diantaranya:

  1. Perhatikan lensa kamera bersih
    Masalah ini mungkin terlihat sepele dan tidak terlalu penting, nyatanya kebersihan lensa smartphone ini sangatlah berpengaruh pada hasil foto. Apabila lensa smartphone anda kotor, tentu hasilnya akan menjadi buram layaknya foto yang berkabut.
    Anda tak perlu bingung bila akan membersihkannya, karena anda bisa mengusapnya menggunakan baju anda saja. Namun hindari mengusap menggunakan baju yang bertekstur kasar, karena hal itu malah akan membuat lensa anda baret.
  2. Temukan leading lines
    Leading lines merupakan elemen garis pada foto yang membuat mata anda bisa menelusuri frame pada foto, seperti contoh pada sebuah jalan dimana ujung jalan memiliki objek yang bagus untuk difokuskan.
    Tak harus sebuah jalan, leading lines ini bisa berupa garis yang berstruktur geometris. Ada banyak macam leading lines yang bisa and gunakan, anda bisa mengembangkan sendiri sehingga anda bisa mendapatkan patokan ketika memotret. Dengan memanfaatkan leading lines ini, penikmat foto akan terpancing untuk mengikuti alur dan melihat apa yang ingin ditunjukkan oleh pemotret dari
  3. Cahaya
    Agar kualitas memotret menggunakan smartphone lebih bagus, anda perlu menyesuaikan cahaya. Anda bisa mengaturnya dengan memposisikan diri sehingga warna cahaya bisa pas dan tidak terlalu kontras ataupun gelap, sehingga hasil foto yang anda dapatkan bisa maksimal dan memperlihatkan efek yang dramatis.
    Bayangan yang muncul akan membuat foto menjadi lebih tegas, sehingga dimesi dari objek tersebut bisa terlihat. Pengambilan foto di pagi hari dan sore hari ketika matahari bersinar dari samping, akan memberikan hasil yang berbeda bila foto diambil di siang hari.
  4. Frame
    Salah satu teknik yang bisa diterapkan pada fotografi yang menggunakan smartphone adalah framing, dimana anda bisa menyesuaikan target foto anda dengan melihat frame di tempat tersebut.
    Sebagai contoh pohon yang berdiri sejajar akan memberikan kesan bahwa foto tidak datar, anda akan menghasilkan foto yang bisa mengajak penikmatnya fokus pada model yang anda foto tersebut.
  5. Melihat menggunakan mata sendiri
    Meamang memfoto sangat mengasikkan, namun anda jangan terus terpaku pada layar smartphone anda. Nikmatilah pemandangan menggunanakan mata anda, dan anda akan bisa menemukan angle yang tepat untuk foto yang sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles